Inilah Zaman yang Ditakuti Nabi Muhammad. Ternyata Zaman Tersebut Sedang Berlangsung



Berikut Jaman yang Ditakuti Nabi Muhammad. Nyatanya Jaman Itu Tengah Berlangsung 

Untuk renungan berbarengan tentang kondisi akhir jaman serta tandatanda kiamat Dari Abu Hurairahradhiyallahu anhu, Sebenarnya Rasulullah SAW bersabda " Bila ada seorang berkata, beberapa orang sudah rusak, jadi orang yang berkata tersebut yang paling rusak diantara mereka " (HR Muslim)

Pakar Beribadah Yang Jahil Serta Ulama Yang Fasik 
Anas radhiyallahu anhu berkata, Rasulullah SAWbersabda " Bakal ada pada akhir jaman rahib yang jahil serta ulama yang fasik " (HR Ibnu Ady)

Jual Agama Lantaran Dunia 
Dari Abu Hurairah radhiyallahu anhu, Dia berkata, Rasulullah SAW bersabda " Bakal keluar pada akhir jaman orangorang yang mencari keuntungan dunia dengan jual agama. Mereka kenakan pakaian di depan orang lain dengan baju yang di buat dari kulit
kambing (berpurapura zuhud dari dunia) untuk memperoleh simpati orang-orang, serta kata mereka lebih manis dari gula.

Walau sebenarnya hati mereka yaitu hati serigala. Allah SWT
berfirman pada mereka " Apakah anda tertipu dengan kelembutanKu? Atau mungkin anda sangat berani berbohong kepadaKu? Untuk kebesaranKu, Saya bersumpah bakal turunkan satu fitnah yang bakal berlangsung di kelompok mereka sendiri, hingga orang
yang alim (cendikiawan) juga bakal jadi bingung " (HR Tirmidzi)

Pendusta serta Pengkhianat 
Dari Abu Hurairah radhiyallahu anhu, Dia berkata, Rasulullah SAW bersabda " Akan tiba pada manusia tahuntahun yang penuh dengan tipuan. Pada saat itu si pendusta disebutkan benar serta orang yang benar disebutkan dusta. Pengkhianat bakal diminta memegang amanah serta orang yang amanah disebutkan pengkhianat. Serta yang memiliki kesempatan bicara (coba melakukan perbaikan) hanya kelompok " Ruwaibidhah ". Teman dekat ajukan pertanyaan " Apakah Ruwaibidhah itu wahai Rasulullah? " Nabi SAW menjawab " Orang kerdil, hina, serta tak tahu bagaimana mengurusi orang yang banyak " (HR Ibnu Majah)

Kefasikan Menjalar 
Dari Abu Hurairah radhiyallahu anhu, sebenarnya Rasulullah SAW bersabda " Bersegeralah anda beramal sebelumnya menjumpai fitnah (ujian berat) semisal malam yang begitu gelap. Seorang yang masihlah beriman di saat pagi, lalu pada saat petang dia telah jadi kafir, atau seorang yang masihlah beriman di saat sore, lalu pada esok harinya dia telah jadi kafir. Dia sudah jual agamanya dengan sedikit harta benda dunia " (HR Muslim)

Penindasan Pada Umat Islam 
Dari Tsauban radhiyallahu anhu. Dia berkata, Rasulullah SAW bersabda " Nyaris tiba satu jaman dimana bangsabangsa dari semua dunia akan tiba mengerubungi anda seperti orang­orang yang kelaparan mengerubungi sisa hidangan mereka " Jadi salah seseorang teman dekat ajukan pertanyaan " Apakah lantaran kami sedikit pada hari itu? " Nabi
SAW menjawab " Bahkan juga anda pada hari itu sangat banyak, namun anda umpama buih di saat banjir, serta Allah bakal mencabut rasa gentar pada anda dari hati musuhmusuh anda, serta Allah bakal melemparkan kedalam hati anda penyakit 'wahan'. Seseorang teman dekat ajukan pertanyaan " Apakah 'wahan' itu, wahai Rasulullah? " Rasulullah menjawab " Cinta dunia serta takut mati " (HR Abu Daud)

Islam HanyaTinggal Nama 
Dari Ali bin Abi Thalib radhiyallahu anhu. Dia menyampaikan, sudah bersabda Rasulullah SAW " Sudah nyaris tiba satu jaman, dimana tak ada lagi dari Islam terkecuali cuma namanya, serta tak ada lagi dari AlQuran terkecuali cuma tulisannya. Masjidmasjid mereka indah, namun kosong dari hidayah. Ulama mereka yaitu sejahatjahat makhluk yang ada di bawah langit. Dari merekalah keluar fitnah, serta pada mereka jua fitnah itu bakal kembali " (HR AlBaihaqi)

Budaya Yahudi Serta Nasrani
Dari Abu Sa'id AlKhudri radhiyallahu anhu. Dia menyampaikan, sebenarnya Rasulullah SAW bersabda " Anda bakal ikuti jejak umatumat sebelumnya anda, sejengkal untuk sejengkal, sehasta untuk sehasta, hingga seandainya mereka masuk ke lubang biawak meskipun anda bakal ikuti mereka " Teman dekat ajukan pertanyaan " Ya Rasulullah! Apakah Yahudi serta Nasrani yang Tuan maksudkan? " Nabi SAW menjawab " Siapa lagi? " (HR Muslim)

Ulama Tak Dipedulikan
Dari Sahl bin Saad asSa 'idi radhiyallahu anhu. Dia berkata, Rasulullah SAW bersabda " Ya Allah! Jangan sampai Engkau temukan saya serta mudahmudahan anda juga tak berjumpa dengan satu jaman dimana beberapa ulama telah tak diikuti lagi,
serta orang yang penyantun telah tak dihiraukan lagi. Hati mereka
seperti hati orang Ajam, lidah mereka seperti lidah orang Arab " (HR Ahmad)

Ulama Agama Makin Berkurang
Dari Abdullah bin Amr bin 'Ash radhiyallahu anhu. Dia berkata, saya mendengar Rasulullah SAW bersabda " Sebenarnya Allah SWT akan tidak mencabut (menyingkirkan) pengetahuan dengan sekalian dari manusia. Namun Allah SWT menyingkirkan pengetahuan agama dengan mematikan beberapa ulama. Jika sudah ditiadakan paraulama, orang banyak bakal pilih orangorang jahil sebagai pemimpinnya. Saat pemimpin yang jahil itu di tanyakan, mereka bakal berfatwa tanpa ada ilmu dan pengetahuan. Mereka sesat serta menyesatkan orang lain " (HR Muslim)

Kelompok Anti Hadits 
Dari Miqdam bin Ma'dikariba radhiyallahu anhu. Dia menyampaikan, sebenarnya Rasulullah SAW bersabda " Nyaris tiba satu jaman dimana seseorang pria yang tengah duduk bertumpu diatas kursi kemegahannya, lantas di sampaikan padanya satu hadis dari hadisku jadi dia berkata " Pegangan kami serta anda hanya kitab Allah saja. Apa yang dihalalkan oleh AlQuran kami halalkan. Serta apa yang ia haramkan kami haramkan " (Lalu Nabi SAW meneruskan sabdanya) " Walau sebenarnya apa yang dilarang Rasulullah SAW itu samalah hukumnya dengan apa yang diharamkan Allah SWT " (HR Abu Daud serta Ibnu Majah)

Berbanggadangga Dengan Masjid
Dari Anas bin Malik radhiyallahu anhu. Sebenarnya Rasulullah SAW bersabda " Tak berlangsung hari Kiamat sampai umatku bermegahmegah dengan bangunan masjid " (HR Abu Daud).

Tidak Ada Imam Untuk Sholat Berjamaah 
Dari Salamah binti alHurr radhiyallahu anhu. Dia berkata, saya mendengar Rasulullah SAW bersabda " Akan tiba satu jaman, pada saat itu orang banyak berdiri tegak sebagian lama, lantaran mereka tak memperoleh orang yang bisa mengimami mereka shalat " (HR Ibnu Majah)

Penyakit Umat Islam Saat Kini 
Dari Abu Hurairah radhiyallahu anhu. Tuturnya, saya mendengar Rasulullah SAW bersabda " Umatku bakal ditimpa penyakit Penyakit yang pernah menerpa umatumat terdahulu " Teman dekat ajukan pertanyaan " Apakah penyakitpenyakit umatumat terdahulu itu? " Nabi SAW menjawab " Penyakitpenyakit itu yaitu, 1. Sangat sombong, 2. Sangat elegan, 3. Menyatukan harta sebanyak-banyaknya, 4. Tipu menipu dalam merebut harta benda dunia, 5. Sama-sama memarahi, 6. Dengkimendengki hingga jadi zalim menzalimi " (HR Hakim)

Perangkap Riba
Dari Abu Hurairah radhiyallahu anhu. Dia berkata, Rasulullah SAW bersabda " Bakal tiba satu jaman, tak ada seseorang juga terkecuali dia ikut serta dalam mengonsumsi harta riba. Bila dia tak mengkonsumsinya dengan cara segera, dia bakal terserang debunya " (HR Ibnu Majah)

Manusia Tidak Perduli Mengenai Sumber Pendapatannya 
Dari Abu Hurairah radhiyallahu anhu. Dia berkata, bersabda Rasulullah saw, " Akan tiba satu jaman seorang tak mempedulikan dari tempat mana dia
memperoleh harta, apakah dari sumber yang halal maupun haram " (Kisah Muslim)

Banyak Sumber Mineral
Dari Ibnu Umar radhiyallahu anhu. Dia menyampaikan " Disuatu waktu dibawa ke hadapan Rasulullah SAW sepotong emas. Serta emas itu yaitu emas zakat yang pertama sekali diambil. Emas itu sudah dibawa oleh Bani Sulaim dari tambang (galian) mereka. Jadi teman dekat berkata " Wahai Rasulullah! Emas ini yaitu hasil tambang kita " Lantas Nabi SAW menjawab " Kelak anda bakal temukan banyak galiangalian, serta yang bakal mengelolanya yaitu orangorang yang jahat " (HR Baihaqi)

Merebaknya Khamar 
Dari Abu Malik AlAsy'ari radhiyallahu anhu. Tuturnya Rasulullah SAW bersabda " Sebenarnya bakal ada beberapa dari umatku yang meminum khamar serta mereka menamakannya dengan nama yang lain. Sembari diiringi dengan alunan musik serta nada biduanita. Allah SWT bakal menenggelamkan mereka kedalam bumi serta Allah SWT bakal merubah mereka jadi kera atau babi " (HR Ibnu Majah)

Ramainya Perzinaan 
Dari Anas radhiyallahu anhu. Dia berkata " Saya bakal bercerita pada anda satu Hadis yang tak ada orang lain yang bakal menceritakannya setelah
saya. Saya mendengar Rasulullah SAW bersabda " Diantara sinyal kiamat yaitu sedikit pengetahuan, banyak ketidaktahuan, banyak perzinaan, banyak golongan perempuan serta sedikit golongan pria, hingga kelak orang bakal mengurusi lima puluh orang perempuan " (HR Bukhari Muslim).

Kenakan pakaian Namun Telanjang
Dari Abu Hurairah radhiyallahu anhu. Dia berkata, Rasulullah SAW bersabda " Ada dua kelompok yang bakal jadi penghuni neraka, keduanya belum pernah saya lihat mereka. Pertama, kelompok (penguasa) yang mempunyai cambuk seperti ekor sapi yang dipakai untuk memukul orang. Ke-2, perempuan yang kenakan pakaian namun telanjang, lengganglenggok pada saat jalan,
mengayunayunkan bahu. Kepala mereka seperti punuk (belakang unta). Ke-2 kelompok ini akan tidak masuk surga, bahkan juga akan tidak bisa mencium bau harumnya. Sebenarnya keharuman surga itu bakal hirup dari jarak perjalanan yang begitu jauh (HR Muslim)

Tingkah laku Manusia Saat Kini 
Dari Aisyah radhiyallahu anhu. Dia berkata " Saya mendengar Rasulullah SAW bersabda " Akan tidak berlangsung hari kiamat hingga seseorang anak jadi argumen kemarahan (untuk orang tuanya), hujan bakal jadi panas, bakal jadi tambah beberapa orang yang tercela serta bakal menyusut orang yang baik, anakanak jadi berani melawan orangtua, serta orang yang jahat berani melawan orangorang baik " (HR Thabrani)

Anak Jadi Majikan atau Tuan Ibunya
Dari Umar bin alKhattab radhiyallahu anhu. (Dalam satu hadis yang panjang), ... lalu Jibril ajukan pertanyaan pada Rasulullah SAW " Jadi kabarkan kepadaku mengenai hari kiamat? " Lantas Nabi SAW menjawab, " Orang yang di tanya tak lebih tahu dari yang ajukan pertanyaan " Jadi Jibril berkata " Bila demikian cobalah kabarkan kepadaku tandatandanya " jadi Nabi SAW menjawab " Kalau hamba bakal melahirkan tuannya serta engkau lihat orang jalan tanpa ada sepatu serta orang yang bertelanjang lagi miskin yang cuma menggembala kambing itu berlombalomba untuk bikin bangunan " (Kisah Muslim)

Peperangan Untuk peperangan
Dari Abu Hurairah radhiyallahu anhu, tuturnya Rasulullah SAW bersabda " Hari kiamat akan tidak berlangsung hingga harta benda berlimpah serta muncul banyak fitnah serta kerap berlangsung " alHarj ". Teman dekat ajukan pertanyaan " Apakah alHarj itu wahai Rasulullah? " Nabi SAW menjawab " Perang, perang, perang " Beliau mengatakannya tiga kali. (HR Ibnu Majah)

Perang Di Sekitaran Sungai Eufrat (Irak) Lantaran Berebut Kekayaan
Dari Abu Hurairah radhiyallahu anhu, sebenarnya Rasulullah SAW bersabda " Tak berlangsung hari kiamat hingga Sungai Eufrat (Sungai Efrat, Irak) jadi surut airnya hingga terlihat satu gunung dari emas. Beberapa orang yang tewas lantaran merebutnya. Jadi terbunuhlah sembilan puluh sembilan dari seratus orang yang berperang. Serta masingmasing yang ikut serta berkata " Mudahmudahan akulah orang yang selamat itu " Didalam kisah lain dijelaskan " Telah dekat satu saat dimana Sungai Furat bakal jadi surut airnya lantas terlihat perbendaharaan dari emas, jadi siapapun yang ada di situ jangan sampai dia mengambil suatu hal juga dari harta itu (HR Bukhari Muslim)

Ada beberapa pihak yang menyebutkan kalau kata emas didalam Hadis ini sesungguhnya minyak

Saat Merasa Pendek
Dari Anas bin Malik radhiyallahu anhu. Dia berkata, Rasulullah SAW bersabda " Akan tidak berlangsung kiamat hingga saat merasa pendek, jadi satu tahun dirasa seperti satu bulan, satu bulan dirasa seperti satu minggu, satu minggu dirasa seperti satu hari, satu hari dirasa seperti satu jam serta satu jam dirasa seperti satu kilatan api " (HR Tirmidzi)

Hilangnya Karakter Amanah
Dari Huzaifah bin AlYaman radhiyallahu anhu. Tuturnya, ... " Lalu jadilah orang berjual beli, jadi nyaris saja tak ada seseorang juga yang sukai menunaikan amanah, hingga disebutkan orang sebenarnya di kelompok Bani Fulan (di desa spesifik) itu ada seseorang yang begitu baik memegang amanah, begitu terpercaya serta umum menyampaikan " Alangkah tekunnya dia dalam bekerja, alangkah indahnya pekerjaannya, alangkah cerdik otaknya. Walau sebenarnya didalam hatinya telah tak ada lagi keimanan sekali juga cuma seberat timbangan biji sawi. " (HR Bukhari & Muslim).

Islam Bakal Sirna Dengan cara Perlahan
Dari Huzaifah bin alYaman radhiyallahu anhu. Dia berkata, Rasulullah SAW bersabda " Islam bakal lenyap seperti hilangnya pola pada baju, hingga orang tak tahu apakah yang ditujukan dengan puasa, apakah yang disebut dengan shalat, apakah yang disebut dengan nusuk (beribadah), serta apakah yang ditujukan dengan sedekah. AlQuran bakal hilang semua disuatu malam, jadi tak ada yang ketinggalan di permukaan bumi ini darinya meskipun cuma satu ayat. Sebenarnya yang ada cuma kelompok-kelompok manusia, salah satunya orangtua, pria serta perempuan. Mereka cuma bisa berkata, Kami pernah menjumpai nenek moyang kami mengatakan kalimat LAILAHAILLALLAH, lantas kami juga mengatakannya juga " (HR Ibnu Majah)

Kapan Bakal Berlangsung Kehancuran? Dari Abu Hurairah radhiyallahu anhu. Dia menyampaikan " Disuatu hari saat Nabi SAW tengah ada dalam satu acara serta bicara dengan orang yang ada, tibatiba datang seseorang A'rabi (Arab Badui) lantas dia ajukan pertanyaan pada Rasulullah SAW " Kapan bakal berlangsung hari Kiamat? " Nabi SAW selalu saja bicara. Beberapa yang ada berkata " Beliau (Nabi SAW) mendengar apa yang di tanyakan, namun pertanyaan itu tak disukainya " Sesaat yang lain menyampaikan " Sebenarnya ia tak mendengar pertanyaan itu " Hingga saat Nabi SAW usai bicara, beliau bersabda " Dimana orang yang ajukan pertanyaan mengenai hari kiamat tadi? " Lantas Arab Badui itu menyahut " Ya! Saya wahai Rasulullah " Jadi Nabi SAW bersabda " Jika amanah sudah disiasiakan jadi tunggu hari Kiamat " Arab Badui itu ajukan pertanyaan juga, " Apa yang disebut dengan menyianyiakan amanah itu? " Nabi SAW menjawab " Apabila masalah diserahkan pada yang bukanlah ahlinya, jadi tunggu kehadiran hari Kiamat " (HR Bukhari)

Kebinasaan Umat Islam 
Dari Ummul Mukminin, Zainab binti Jahsy (istri Rasulullah SAW), beliau berkata, " (Disuatu hari) Rasulullah SAW masuk kedalam tempat tinggalnya dengan kondisi kuatir sembari bersabda, LAILAHAILLALLAH, celaka (binasa) untuk bangsa Arab dari kejahatan (petaka) yang telah nyaris menerpa mereka. Pada hari ini sudah terbuka dari dinding Yakjud serta Makjud seperti ini ", serta Baginda temukan ujung jari serta ujung jari yang sampingnya (jari telunjuk) yang dengan itu menyaratkan seperti bulatan. Saya (Zainab binti Jahsy) lantas ajukan pertanyaan " Ya Rasulullah! Apakah kami bakal binasa sedang di kelompok kami masihlah ada orangorang yang saleh?
" Lantas Nabi SAW bersabda " Ya, seandainya kejahatan telah sangat banyak " (Kisah Bukhari & Muslim) 

Penyebabnya Kebinasaan Seorang 
Dari Abu Hurairah radhiyallahu anhu. Dia berkata, Rasulullah SAW bersabda " Akan tiba satu jaman dimana orang yang beriman akan tidak bisa menyelamatkan imannya, terkecuali saat dia lari membawanya dari puncak bukit ke puncak bukit yang lain, serta dari satu gua ke gua yang lain. Jadi saat jaman itu sudah tiba, semua sumber pendapatan tidak bisa didapat terkecuali dengan lakukan suatu hal yang mengakibatkan kemurkaan Allah SWT. Apabila ini sudah berlangsung, jadi kebinasaan seorang yaitu lantaran penuhi kehendak istri serta anakanaknya. Bila dia tak mempunyai istri serta anak, jadi kecelakaan menimpanya lantaran penuhi kehendak orang tuanya. Serta seandainya orang tuanya telah tak ada lagi, jadi kecelakaan menimpanya lantaran ikuti kehendak keluarganya atau lantaran ikuti kehendak tetangganya " Teman dekat ajukan pertanyaan " Wahai Rasulullah SAW, apakah maksud pengucapan engkau itu? " Nabi SAW menjawab " Mereka bakal mengejeknya dengan kesempitan hidupnya. Jadi saat itu sebenarnya dia sudah menceburkan dianya ke jurangjurang kebinasaan yang bakal menghancurkan dianya " (HR Baihaqi) 

Perselisihan yang Banyak 
Dari Abi Nijih 'Irbadh bin Sariyah radhiyallahu anhu. Dia berkata " Sudah merekomendasikan kami Rasulullah SAW bakal satu nasehat yang menggetarkan hati kami serta meneteskan air kami saat mendengarnya, lantas kami berkata, Ya Rasulullah! Seolaholah ini yaitu nasehat yang paling akhir sekali jadi berikanlah pesanan pada kami " Beliau juga bersabda " Saya berwasiat bakal anda agar senantiasa bertakwa pada Allah serta mendengar dan patuh (pada pemimpin) sekali juga yang memimpin anda itu cuma seseorang hamba. Sebenarnya orang yang panjang umurnya dari anda tentu dia bakal lihat perselisihan yang banyak. Jadi sebaiknya anda berdasar teguh dengan sunnahku serta sunnah 
beberapa khulafa Ar Rasyidin Al Mahdiyin (Khalifahkhalifah yang tahu kebenaran serta memperoleh pimpinan ke jalan yang benar) serta gigitlah sunahsunah itu dengan gigi geraham serta jauhilah halhal 

Kelompok yang Selamat 
Dari 'Auf bin Malik radhiyallahu anhu. Dia berkata, Rasulullah SAW bersabda " Umat Yahudi sudah terpecahbelah jadi tujuh puluh satu kelompok, jadi cuma satu kelompok saja yang masuk surge serta yang tujuh puluh bakal masuk neraka. Umat Nasrani terpecah iris jadi tujuh puluh dua kelompok, jadi tujuh puluh satu kelompok masuk neraka serta cuma satu kelompok saja yang masuk surga. Untuk Tuhan yang diriku didalam kekuasaanNya, umatku bakal terpecah iris jadi tujuh puluh tiga kelompok, cuma satu kelompok saja yang masuk surga serta tujuh puluh dua bakal masuk neraka. Teman dekat ajukan pertanyaan " Kelompok mana yang aman? " Nabi SAW menjawab " Mereka yaitu jamaah " (HR Ibnu Majah) 

Islam Jadi Asing 
Dari Abu Hurairah radhiyallahu anhu. Dia berkata, Bersabda Rasulullah SAW " Islam mulai tumbuh dalam kondisi asing. Serta ia bakal kembali asing juga. Jadi beruntunglah orangorang yang asing " (HR Muslim) 

Orang yang Beriman Laksana Memegang Bara Api 
Anas radhiyallahu anhu. Berkata Rasulullah SAW bersabda " Akan tiba pada manusia satu jaman dimana orang yang berdasar teguh diantara mereka pada agamanya laksana orang yang memegang bara api. (HR Tarmizi) 

Kesulitan Itu Lebih Baik Dari Kesenangan 
Dari Ali bin Abi Thalib radhiyallahu anhu " Sebenarnya kami tengah duduk berbarengan Rasulullah SAW didalam masjid. Tibatiba datang Mus'ab bin Umair radhiyallahu anhu. Serta tak ada dibadannya terkecuali cuma selembar selendang yang ditambal dengan kulit. Ketika Rasulullah SAW lihat padanya. Baginda menangis serta meneteskan air mata lantaran mengenangkan kemewahan Mus'ab saat ada di Mekah dulu (lantaran begitu dimanjakan oleh ibunya), serta lantaran melihat nasib Mus'ab saat ini (saat ada di Madinah sebagai seseorang Muhajirin yang 
meninggalkan semua harta benda serta kekayaan di Mekah). Lalu Nabi Muhammad SAW bersabda " Bagaimana kondisi anda disuatu hari kelak, pergi pada saat pagi dengan satu baju, serta pergi saat malam hari dengan baju yang lain juga. Serta saat diberikan satu hidangan, diletakkan juga satu hidangan yang lain. Serta anda menutupi (hiasi) tempat tinggal anda seperti anda menempatkan kelambu Ka'bah? " Jadi jawab teman dekat " Wahai Rasulullah, pastinya kondisi kami pada saat itu tambah baik dari keadaan kami pada hari 
ini. Kami bakal memberi perhatian penuh pada permasalahan beribadah saja serta tak bersusah payah lagi untuk mencari rejeki " Lantas Nabi SAW bersabda " Tak! Keadaan anda hari ini yaitu tambah baik dari kondisi anda pada hari itu " (HR Tirmidzi) 

Kelompok yang Senantiasa Menang 
Dari Mughirah bin Syu'bah radhiyallahu anhu. Dia berkata, Rasulullah SAW bersabda " Senantiasa diantara umatku ada kelompok yang senantiasa menang (dalam perjuangan mereka), hingga sampailah disuatu saat yang diinginkan Allah SWT. Mereka 
selalu menang. (HR Bukhari) 

Inilah Zaman yang Ditakuti Nabi Muhammad. Ternyata Zaman Tersebut Sedang Berlangsung Inilah Zaman yang Ditakuti Nabi Muhammad. Ternyata Zaman Tersebut Sedang Berlangsung Reviewed by Unknown on 19.57 Rating: 5

Tidak ada komentar